Majelis Gibah

Saudaraku, satu hal yang harus kita ingat bahwa menasehati itu tak sama dengan menebarkan aib saudara kita. Benarlah yang pernah saya baca bahwa “hal paling tersulit di dunia ini adalah, saat kita mengetahui aib orang lain”.

Kita tahu, kita tak mampu menutup semua mulut orang yang menggibah kita. Kita pula tak bisa  menutup telinga semua orang yang sedang mendengarkan pembicaraan atas diri kita, apalagi jika itu aib.

Gibah atau fitnah sama bahayanya. Ibaratkan, kita tengah menebarkan kapas-kapas dari menara tertinggi. Kita tak akan pernah bisa lagi menyeraknya satu-satu, untuk mengumpulkan dan mengembalikannya. Jika kapas itu ibaratkan seperti aib atau fitnah yang menimpa saudara kita.

Untuk apa, kumpulan-kumpulan dibuat jika pada akhirnya tujuannya kesana. Jikapun kita tau aibnya, sekiranya mungkin bukan untuk dipaparkan diforum yang justru makin mencemari yang sudah keruh. Lebih baik, nasehati langsung agar tidak menjadi perbincangan yang justru memaparkan aib saudara kita sendiri.

Pelajaran sangat berarti, yang harus dibenahi memang bukan hanya oleh si pembuka aib. Namun juga bagi yang aibnya tersebar. Karena memang Kita harus menjaga diri kita sendiri, agar tidak menjadi bahan fitnah dan gibah. Agar tidak merusak hati saudara kita dengan prasangka, bahkan menjadikan prasangka itu bahan pembicaraan kemana-mana. Maka, bersungguh-sungguhlah memanajemen prasangka kita [seperti pada tulisannya saya sebelumnya]. Jika mengendus angin yang berbau busuk namun tak tau sumbernya, janganlah menduga-duga pembawa bau itu..  Mari sama-sama menjaga, bukankah gibah ibaratnya memakan bangkai saudara kita sendiri. Dan jelas, tak ada yang mau melakukannya bukan??

Di sudut perpus plasma, fema..

#OneDayOnePosting #MyRama

[mengengaja telat posting]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s