Dandelion, diri kita dan orang lain

Diri kita dan orang lain jelas berbeda. Kita selalu berharap, mampu menjadi yang terbaik dan berupaya melakukan yang terbaik. Namun dihadapan orang lain, entah itu siapa. Selalulah yang tertangkap berbeda makna, disisi sebagian orang lain kita menjadi salah. Terdakwa. Jahat. Dan kadang terkesan keji.

Begitulah, pada sisi orang lain yang mereka pandang adalah kelemahan. Sedang yang kita upayakan adalah kekuatan dalam diri kita.  Maka terkadang, sebaik apapun yang kita lakukan jika kita mengukur dari sisi orang lain selalu ada berbagai komentar, dari yang manis, asem, hingga pedas melukai dan mengoyak-ngoyak. Memanglah, sebaik-baik niat dalam melakukan apapun adalah dengan berniat hanya kepadaNya, berharap hanya kepadaNya. Sedekat apapun kita pada manusia, kekecewaan jaraknya tak lebih dari 1 centi, sedang semakin dekat manusia kepada RabbNya, jangankan kecewa, diabaikan janjipun sama sekali tak pernah.

Dandelion, diri kita dan orang lain.

Jangan bersedih hanya karena kau dianggap orang lain lemah, payah dan belum bisa melakukan apapun. Hapus sedihmu dengan melakukan banyak hal yang menyenangkan orang lain. Suatu saat cukup mereka yang meremehkan kelemahanmu akan sadar, kamu tak selemah seperti apa yang mereka lihat. Kamu justru lebih kuat dan lebih bermanfaat dari mereka yang lebih memilih mengomentari daripada melakukan. Pada kenyataannya, banyak orang yang pandai sekali mengomentari dan menghardik justru suatu waktu lebih parah kelakuannya dari komentarnya itu.

Jadilah yang diam dalam kata-kata, namun menghasilkan banyak karya. Bukan yang lebih sibuk mengomentari namun tak jauh lebih baik dari yang dikomentari.

Dandelion, diri kita dan orang lain

Jadilah dandelion, yang meski terlihat lemah dimata yang lain. Namun menjadi yang paling banyak menebar kebahagiaan. Banyak menebar manfaat. Meski hanya angin yang tak terlihat yang tahu, apa yang telah dia lakukan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s